Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Senin, Juni 22, 2009

Math Aplication

Software Aplikasi Matematika

Biasanya agak males kalo kita buat soal yang berhubungan dengan grafik .. nggambarnya itu lho yang susah. Bagi yang mahir grafisnya ya no problem. Tapi bagi yang ilmu koputernya autodidak seperti saya ya repot juga. Bahasa matematika ngetiknya juga susah. Untungnya kita melek internet dan banyak baca-baca jadi bisa cari-cari yang perlu dicari .. maksudnya yang kita butuhkan.
Buat temen-temen Math-teachers yang butuh software apilkasi matematika, ini saya sediakan :
1. Graph dan Advance Grapher
Aplikasi tersebut untuk buat grafik fungsi aljabar dan fungsi trigonometri. Gampang kok pakenya… tinggal input fungsinya, maka akan keluar ularnya …. Eh ndak ding..ya keluar grafiknya to. Trus modifikasi sesuai keinginan yang mau ditampilkan apa. Selanjutnya pake Andy Snap untuk meng-capture hasilnya berupa image (JPG) kemudian tinggal di-insert ke MS Word.
2. Math Type 6
Aplikasi ini sama dan sebangun dengan equation yang ada di MS Word yang terkadang ndak mau keluar gara-gara kita yang ndak sempurna nginstallnya. Solusinya ya pake Math type aja .. menurut saya siip kok. Bisa ditaruh di flashdisk dan dibawa kesawah… eh kemana-mana maksudnya. Mau yang versi terbaru ya cari sendiri… di internet. Kalo dapet aku dikasih ya.
3. Poly
Ini aplikasi simpel untuk nunjukin bangun-bangun ruang ke anak-anak kita kalo pas nerangkan dimensi tiga. Dijamin komplit … dan bisa dilihat jaring-jaringnya.
4. Aplikasi Pendukung Andy Snap
Ini aplikasi buat meng-capture yang sudah dibuat di monitor bila mau dipake ke word.

Sorry ya …. Nggak bisa ngasih keterangan sampe njlimet. Pelajari aja sendiri.. gampang kok . Kalo dah dibuka aplikasinya ntar tau apa yang mesti dikerjakan. Saya percaya temen-temen math-teachers cerdas and kreatif. Dah ya moga bermanfaat …. Math-teacher tetap semangat.

Kalo mo download aplikasi diatas silahkan menuju ke ayat_download.

Selasa, Juni 16, 2009

TOT Matematika

TOT Matematika In Service 1

Setelah terseleksi dan dinyatakan layak sebagai guru pemandu, mereka ( ya .. mereka guru pemandu itu …. ) mulai mengikuti Training of Trainers ( selanjutnya mohon dimaklumi kalo kutulis TOT aja ). TOT in service 1 angkatan ke-2 yang dilaksanakan tanggal 12 – 15 Juni 1969 di LPMP Jateng diikuti 11 kabupaten dengan 327 peserta ( tapi yang hadir cuma 321 peserta ) terbagi dalam 3 mapel yaitu matematika, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia .
Ngapain aja to kalo ngikuti TOT ? yang jelas ya ketemu ma konco-konco lawas se-almameter, se-angkatan, se-kost-an ato se-hati ( maksudnya mantan doi …. Soalnya kalo ketemu lagi … kok rasanya masih seperti yang dulu dag dig dug dog trus guk..guk…guk , maklum dah pada STW mulai puber ke-3 ). Materi TOT meliputi pengembangan KTSP, buat silabus dan RPP, Lesson Study dan Andagrogi ( baca sendiri yang betul bagaimana, yang ndak tahu ? ... maaf anda betul-betul grogi).
Saya sama temen dari Rembang berjumlah 9 orang . Dari matematika ada yu Atun SMAN 1 Rembang …. Beliau paling pendiam dikala tidur… Peserta terbaik dari mapel matematika ini selalu serius bahkan duarius ngikuti season , selalu ada yang diomongin kalo saya disampingnya . Selalu ada tawa saat bercanda … emang beliaunya suka ketawa ( mungkin saat tidurpun) dan ceriwisnya … ya ampuuun, maklum ding putri paling bontot dari 8 bersaudara. Ada pak Ali SMAN 1 Sulang… halo pak Ali gimana kacamata barunya? dah reyen ya. Pulang TOT lihat bu Ali pasti semakin kelihatan cuuuantik . Kompak selalu pak Ali .. jadi lho S 2 nya.

Kamis, Juni 04, 2009

Kado XI IPA-1

Surprise 2 June

Hari ini Selasa tanggal 2 Juni, seperti biasa jam ke- 7 dan 8 aku mesti ngajar kelas XI IPA-1. Aku menuju ke ruang matematika 2. Oh ya disekolah kami diberlakukan moving class, jadi tiap ganti mata pelajaran ya ganti ruang sesuai dengan ruang mapel masing-masing. Agaknya ada yang aneh hari ini. Kalo biasanya anak-anak dah pada ngumpul didepan kelas, tapi kali ini tak seorang pun kelihatan. Ya udah aku masuk duluan sambil nunggu anak-anak. Tak berapa lama muncul beberapa anak.
“ Mana yang laen “ tanyaku.
“ Ndak tahu pak mungkin masih dibelakang “ jawab Winanti yang pernah ikut audisi nyanyi ndangdut di RTnya. Pelajaran belum kumulai soalnya baru 7 anak dari 34 anak yang hadir. Biasanya terlambat 5 menit masih kumaklumi barangkali masih ada kegiatan atau urusan dengan mapel sebelumnya. Lagian hari ini aku ndak menjelaskan materi karena dah kelar minggu kemarin, jadi tinggal latihan soal-soal untuk persiapan ujian semester. Sambil menunggu anak-anak yang laen, aku siapkan soal buat latihan kali ini .
Setelah 10 menit berlalu tak seorangpun datang. Sebenarnya aku dah 10% marah tapi tak kutampakkan, raut mukaku pun masih datar-datar aja seolah tak ada letupan emosi didalamnya. Lantas Indah yang punya mata indah kayak bola pimpong kusuruh tuk mencari temannya yang lain.
“ Indah cari temannya, yang laen ngerjakan latihan soal semester di buku paket halaman 300” perintahku.
Kemudian Indah masuk lagi dengan satu temannya.
“ Pak cuma dapat satu yang laen nggak tahu” ujar Indah.
“ Lho Ndah, Manohara baru meloloskan diri dari Singapura kemarin kok dah kamu bawa kesini” kelakarku. Indah makin bingung dengan ucapanku.
“ Pak ini Fitri Huruhara bukan Manohara” jawab Indah.
“ Ya udah duduk sana kan sama-sama hara to“ .Kemarahanku dah naik 15 % tapi kutahan untuk tidak mengeluarkan kata-kata marah, soalnya yang didalam kelas ini tak layak untuk dimarahi. Yang bikin gregetan ya yang masih diluar. Sambil pura-pura sibuk nyiapkan soal latihan aku mulai mikir ngatur rencana kemarahanku sama anak-anak yang terlambat masuk kelas pantasnya diapakan mereka. Tapi jujur aja aku ndak percaya kalo anak-anak XI IPA-1 mau bikin ulah, soalnya selama aku jadi wali kelasnya mereka ndak pernah bertingkah yang menjengkelkan. Walau sok telat mbayar SPP mereka nampak ceria aja lucu, dan polos. Kini aku yang jadi mbingungi, kira-kira ada apa ini kok ndengaren.
Seperempat jam berlalu, tiba-tiba segerombolan anak masuk dengan tiba-tiba dengan mengangkat tangan mereka seolah demo menurunkan harga BBM . Semangatnya tak kalah dengan mahasiswa UI yang mau menerobos gerbang gedung MPR/DPR. Andi tampak paling semangat seolah melupakan problemnya mo ikut study tour apa ndak. Tapi anehnya kok tepuk-tepuk tangan ya sambil bawa kue tar yang ada lilinnya dan nyanyi ….” Selamat Ulang Tahun…. Kami Ucapkan ….Selamat Panjang Umur Kita kan Doakan … de es te. Oooo alaaah ternyata kamu-kamu bikin kejutan to sama bapak. Si Manohara eh Fitri Huruhara dengan nafas yang masih tersengal soalnya tadi dia berperan jadi anak yang sakit trus diculik ama Indah dari UKS. Bersuara lagi ….. ti..ti up lilin….nya … tiup liliiiiiin..nya ..tiiiiiup ..lilinya cekalang juga…cekalaaang juga. Akhirnya buyar semua strategi yang dah tak susun, sederet sanksi yang mesti kuberikan sama anak-anak yang sengaja mau bolos ato mogok belajar. Kemarahanku yang sudah mencapai 25% akhirnya leleh bak gunung es yang mencair karena pemanasan global.
Emang hari ini aku ulang tahun tapi seperti tahun-tahun sebelumnya aku ndak pernah nggagas. Tapi ya udahlah .. itu bentuk perhatian kalian ma bapak. Makasih ya .. moga sukses juga buat kalian semua. Rajinlah belajar… Tekunlah beribadah .. dan Berkaryalah selagi bisa dan ada kesempatan. Do’a bapak menyertai kalian semua

Selasa, Juni 02, 2009

Tips Belajar Matematika


Tips Belajar Matematika

Ada anggapan bahwa matematika adalah momok bagi hampir semua siswa. Kata orang emang umumnya ya gitu… tapi ndak juga. Mereka aja yang salah awal belajarnya. Mereka ndak dapat pemahaman konsep matematika dengan benar. Mereka beranggapan bahwa matematika identik dengan hitung menghitung yang susah ngitungnya. Merek terdogmatis aturan matematika yang kaku… maklum anak kecil biasanya suruh manut aja.
Beberapa alasan yang menyebabkan siswa menghadapi kesulitan dalam belajar matematika yakni :
1. Kurangnya instruksi yang lengkap dan tepat ( maaf ..... guru SD biasanya jadi kambing hitam .. sebagiannya kambing biru )
2. Generalisasi lemah ( maklum wong lugu … ra patek kreatif )
3. Aspek mental ( suka minder and putus asa )
4. Kurang latihan ( ………. dasar pemalas )
5. Kurangnya pemahaman ( takuuut mo nanya’, binguuung ndak tahu nanya apa and …. mumet dech )
6. Kurang motivasi ( ciri khas ra patek pinter )

Senin, Juni 01, 2009

Triple Pythagoras

Mainan Peninggalan Pythagoras

Semasa kecil ketika “dolan” ke rumah neneknya di Gowak City ( dari Lasem kearah timur ), Pythagoras pernah menyusun kerikil dalam bentuk segi-tiga dengan jumlah kerikil yang berbeda namun berurutan:
1 = 1
1 + 2 = 3
1 + 2 + 3 = 6
1 + 2 + 3 + 4 = 10
1 + 2 + 3 + 4 + 5 = 15
Dengan menjumlah 2 angka yang bersebelahan akan ditemukan hasil suatu bilangan yang dikuadratkan:
1 + 3 = 4 (2 x 2)
3 + 6 = 9 (3 x 3)
6 + 10 = 16 (4 x 4)
10 + 15 = 25 (5 x 5)
“Mainan” ini ternyata memicu terjadinya rumus Pythagoras yang terkenal:
a² + b² = c². Seorang guru memberi tebakan “mainan” ini kepada Galileo sehingga akhirnya Galileo tertarik untuk menekuni matematika, sebagai alat untuk menjelaskan alam semesta (kosmologi).


Triple Pythagoras

Malu dong ….. adalah pantas buat kamu anak SMA yang tak kenal rumus Pythagoras.Sudah kita ketahui dengan mudah bahwa rumus Pythagoras adalah c² = a² + b², dimana c adalah sisi paling panjang dari suatu segitiga siku-siku. Contoh paling gampang segitiga dengan sisi-sisi 3, 4 dan 5. Jika mau lebih tekun lagi akan diperoleh 5,12,dan13.
Memang sulit mencari panjang sisi-sisi suatu segitiga yang memenuhi hukum Pythagoras ini tanpa diperoleh bilangan akar. Namun tidak perlu takut karena kalian dapat menjadi Pythagoras di era Internet ini, dengan meminta bantuan komputer. ? Ndak juga. Buat yang ndak pinter-pinter amat bolehlah pakai kalkulator sekedar alat bantu. Untuk memperoleh sisi-sisi segitiga siku-siku berupa bilangan bulat (bukan bilangan akar). Gunakan rumus sederhana ini:
Sisi pertama segitiga : X = m² - n²
Sisi kedua segitiga : Y = 2mn
Sisi paling panjang segitiga : Z = m² + n²
Kalian tinggal mencoba mengganti m dan n dengan bilangan-bilangan yang anda pilih sendiri dan hasilnya masukkan ke dalam tabel. Misal: m = 2 dan n = 1, akan diperoleh X, Y, Z masing-masing 3, 4, 5. Nah…. Gampang kan cari triple Pythagoras.
m n X Y Z
2 1 3 4 5
3 2 5 12 13
4 3 7 24 25
4 2 12 16 20
dst dst dst

Saya juga orang penting


O O O … Saya Orang Penting juga to ?
( motivasi buat anak-anakku yang langganan remidi )

Istilah orang penting sering digambarkan dengan penguasa, bos konglomerat, birokrat, artis terkenal kayak SBY presiden kita, Abu Rizal Bakri orang terkaya di Indonesia, Agnes Monica yang banyak dipuja penggemarnya atau kita sendiri yang merasa selebritis. Kenyataannya setiap orang adalah orang penting . Setiap kehidupan adalah penting. Tidak ada yang lebih penting dari yang lain. Kalian sama pentingnya dengan mereka yang muncul di TV atau terpampang di halaman depan surat kabar.
Setiap insan memiliki sesuatu yang dapat disumbangkan pada kehidupan. Setiap orang bisa membuat perbedaan bernilai positif. Setiap orang memiliki sesuatu yang khas sesuai kodratnya di dunia ini. Dan setiap orang memerlukan hidupnya semakin bernilai. Itu yang membuat setiap orang menjadi penting. Tentu ada orang yang berhasil menjadi sumber inspirasi bagi orang lain, mampu memimpin, melayani ataupun mengajari orang lain. Sebenarnya mereka bukan lebih penting dari yang lain, tetapi mereka melakukan itu karena sadar bahwa hidup mereka penting dan menjadi lebih penting lagi saat mereka memerlukan orang lain.
Orang-orang penting ada di sekitar anda. Mereka memiliki potensi luar biasa, sama seperti anda. Kenali dan hargailah potensi yang ada pada mereka dan diri anda. Anda memiliki potensi yang sama hebatnya dengan Ika Desi peringkat 1 dikelasnya. Sehebat Fadhila yang piawai bahasa Inggris atau secerdas Tri Astutik yang jago matematika. Jadikan mereka orang penting bagi anda dan anda pun akan menjadi orang penting bagi mereka. Mari kita sadari o o o … ternyata saya juga orang penting to .