Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Selasa, Juni 02, 2009

Tips Belajar Matematika


Tips Belajar Matematika

Ada anggapan bahwa matematika adalah momok bagi hampir semua siswa. Kata orang emang umumnya ya gitu… tapi ndak juga. Mereka aja yang salah awal belajarnya. Mereka ndak dapat pemahaman konsep matematika dengan benar. Mereka beranggapan bahwa matematika identik dengan hitung menghitung yang susah ngitungnya. Merek terdogmatis aturan matematika yang kaku… maklum anak kecil biasanya suruh manut aja.
Beberapa alasan yang menyebabkan siswa menghadapi kesulitan dalam belajar matematika yakni :
1. Kurangnya instruksi yang lengkap dan tepat ( maaf ..... guru SD biasanya jadi kambing hitam .. sebagiannya kambing biru )
2. Generalisasi lemah ( maklum wong lugu … ra patek kreatif )
3. Aspek mental ( suka minder and putus asa )
4. Kurang latihan ( ………. dasar pemalas )
5. Kurangnya pemahaman ( takuuut mo nanya’, binguuung ndak tahu nanya apa and …. mumet dech )
6. Kurang motivasi ( ciri khas ra patek pinter )

Dulu waktu mo ndaftar kuliah di UNS Surakarta saya sempat ditanya, ngapain ambil jurusan matematika ? Gimana to cara belajarnya? Kok bisa-bisanya kamu kul di matematika, emang otak lu isinya angka-angka doang ( suku-suka dong ) .Seiring dengan berjalannya waktu, pertanyaan itu menghilang dengan sendirinya. Meski bagi sebagian mahasiswa, masih ada yang kekurangan motivasi, ada juga yang sampe mutasi ke jurusan laen. ( asal ndak pulang kampung aja …kuliahnya nenek moyang…mikuli uyah… he he dasar wong Lasem tulen ). Salah satu cara menyiasatinya, menurut sumbernya cerita adalah dengan belajar di himpunan. Karena dengan adanya komunitas, biasanya seseorang jadi lebih termotivasi untuk belajar. Cara laen adalah dengan membaca buku mengenai matematika, dan cari bagian yang menyenangkan. Kalo nggak dapet gimana? Gampang ...... tempel foto artis pujaan dideket rumus jumlah trigonometri, ato corat coret cerita lucu disebelah rumus simpangan baku de el el ... kreatif doooong. Dari bagian menyenangkan itu baru kemudian pemahaman mengenai matematika bisa bertambah .... eee malah jatuh hati ma matematika loh. Cara laen juga adalah dengan menyukai orang-orang yang terlibat dalam matematika, hingga terbangun motivasi untuk mempelajari matematika. Example : pretty your mathematics teacher, mathematics clever your friend ..or... your grand father that like mathematics …. Eh yang ngeposting tulisan ini juga boleh kok . Dah gitu aja.
Beberapa Tips Belajar Matematika
1. Asahlah kecerdasan matematik kalian dengan :
a) Melatih ato membiasakan berpikir logis,
b) Menyenangi berpikir secara konseptual, menyusun hipotesis lalu mengklasifikasi masalah yang dihadapi,
c) Suka mengajukan pertanyaan yang analisis…. bukan apa ? tapi mengapa?
d) Suka menganalisis pola angka-angka… tapi ndak buat nombok buntutan loh.
2. Jangan beranggapan bahwa matematika itu sulit tapi berpikirlah kita belum menemukan jawaban yang benar, belum tahu cara menyelesaikannya.
3. Teruslah berusaha ( try and error….try again and again ), jangan lekas putus asa.
4. Bertanyalah kepada yang lebih menguasai, jangan malu bertanya ( ntar malu-maluin )

0 komentar: