Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Kamis, September 15, 2011

Strategi IDEAL Problem Solving


Muchayat, 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Strategi IDEAL Problem Solving Bermuatan Pendidikan Karakter Materi Turunan Fungsi Kelas XI. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.

Abstrak
Masalah pokok yang perlu dipecahkan dalam penelitian ini, yaitu: Bagaimana mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan strategi IDEAL Problem Solving bermuatan pendidikan karakter  yang valid pada materi Turunan Fungsi kelas XI ? dan Apakah hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika itu efektif untuk pembelajaran  materi Turunan Fungsi ? Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D Thiagarajan yang telah dimodifikasi, melalui proses pengembangan yang terdiri dari empat tahap, yaitu: pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Yang dikembangkan adalah perangkat pembelajaran yang meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan siswa, buku siswa, dan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar angket motivasi belajar, lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dan efektif. Kevalidan perangkat ditunjukkan dari hasil validasi bahwa perangkat pembelajaran termasuk kategori baik. Keefektifan ditunjukkan dari hasil ujicoba diperoleh: (1) kemampuan pemecahan masalah siswa mencapai ketuntasan dengan rata-rata sebesar 74,69 dan persentase siswa yang tuntas belajar mencapai 84,38%; (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang pembelajarannya menggunakan perangkat pembelajaran dengan strategi IDEAL  Problem Solving bemuatan pendidikan karakter  lebih tinggi dari pada rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran ekspositori; (3) aktivitas dan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 54,3%, dan kemampuan guru mengelola pembelajaran termasuk kategori baik. Nilai-nilai karakter yang diamati menunjukkan kategori baik dalam pengamatan aktivitas siswa.

Kata Kunci: Pengembangan, Problem Solving, Pendidikan Karakter, Turunan
                      Fungsi